ristekdikti

Hibah Penelitian & Hibah Pengabdian kepada Masyarakat

Dengan program ini, bersama-sama pengusul (dosen) melalui operator SIM PT (LPPM Kampus), reviewer dan operator Dit.Litabmas dapat melakukan pemantauan secara on line. Pengusul dapat melihat sewaktu waktu sampai dimana proposal yang diajukan, demikian diungkapkan panitia pelatihan Sim Dilitabmas Dirjen Dikti di Mercure Hotel Makassar, 8 September 2012 yang lalu.

Program aplikasi SIM Ditlitabmas ini berfungsi sebagai pengganti proses pengusulan proposal P2M yang sebelumnya dilakukan secara manual dan kini akan dilakukan dengan cara online (proposal online), selain itu,juga akan dipakai untuk evaluasi proposal, penyampaian laporan kemajuan (monev) serta informasi penting lainnya secara online.

Program Aplikasi SIM Ditlitabmas ini direncarankan akan diterapkan pada pengusulan program penelitian , pengabdian kepada masyarakat, kreativitas mahasiswa, HKI, publikasi mulai tahun anggaran 2013. Dan mulai Januari 2013 seluruh proposal yang diterima dikti hanya yang berformat pdf dalam 1 file (tidak terpisah-pisah antara halaman judul, lembar pengesahan, isi dan lampiran).

Usulan proposal on line dilakukan oleh operator SIM LPPM atau dosen (pengusul) secara mandiri namun tetap berkoordinasi dengan LPPM.

Pelatihan Aplikasi SIM Dilitabmas yang telah diikuti para peserta dari berbagai PT/Kopertis meliputi :

  1. Penguasaan pengiriman proposal on line.
  2. Pengisian usulan, lemlit excel.
  3. Memformat usulan dalam bentuk pdf tidak lebih dari 5 MB.
  4. Aplikasi mengunggah proposal pengusul melalui operator PT dan melalui pengusul.
  5. Memonitor usulan dalam jangka waktu 6 hari dengan rincian sebagai berikut : 1 hari pengunggahan proposal, 3 hari berukutnya di reviewer, 1 hari kemudian dapat dilihat hasil reviewer, dan 1 hari berukutnya ditetapkan pemenangnya. *(GSunArdhie)